Ketika cemburu mengalahkan cinta

“Cemburu adalah cinta, terlalu cemburu berarti buta”. Kata-kata mutiara yang biasa orang ungkapkan untuk mengkiaskan kata cemburu. Cemburu adalah suatu perasaan tidak senang dengan sesuatu hal yang terjadi atau apa yang telah dilakukan pada seseorang yang timbul karena adanya perasaan cinta dan menjadikan perasaan takut akan kehilangannya. Apakah cemburu itu boleh?

Cemburu dalam Islam boleh dan malah harus ada pada diri seorang suami ataupun seorang istri. Cemburu memang menandakan perasaan cinta kita, bahkan Rosulullah sendiri menyatakan dalam sebuah hadist bahwa tidak akan masuk surga seorang suami yang tidak ada rasa cemburu terhadap istrinya, bahkan baunya surga pun tidak akan bisa dia dapatkan. Cemburu memang bagian dari cinta kita kepada seseorang yang kita cintai. Jika tidak ada cemburu berarti kita tidak memiliki rasa cinta, tak ada rasa menjaga orang yang kita cintai untuk melakukan hal-hal yang akan meningggalkan hati kita. Kita akan acuh terhadap pasangan kita jika kita tidak mempunyai rasa cemburu. Meskipun demikian cemburu juga ada batas-batasnya sehingga perasaan cemburu yang menghinggapi perasaan kita adalah cemburu cinta bukannya cemburu yang buta. Cemburu yang berlebihan malah akan ketidak harmonisan dalam hubungan. Perasaan was-was dan merasa selalu dicurigai akan menjadi bayang-bayang kehidupan keduanya. Bagimana cemburu yang baik, cemburu dengan batas-batas yang wajar dan tidak selalu cemburu dengan apa yang dilakukan oleh pasanganya. Bagaiman jika timbul perasaan cemburu yang berlebihan, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi perasaan cemburu tersebut.

1. Selalu berpikiran positif terhadap pasangan kita.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa cemburu adalah berpikir positif tentang pasangan Anda. Sebab pikiran negatif dapat memicu terjadinya konflik, mulai dari masalah sepele hingga ke tahap yang lebih serius. Bahkan hal-hal kecil yang harusnya biasa bisa menimbulkan perasaan cemburu yang besar jika kita mempunyai perasaan negatif terhadap pasangan kita. Kita akan selalu curiga terhadap pasangan kita. Apabila itu telah terjadi maka perasaan kita akan selalu curiga dan tidak tenang terhadap apa yang dilakukan oleh pasangan kita, selain itu sang pasangan kitapun akan merasakan selalu diawasi dan merasakan terkekang dengan perlakuan kita. Jika hal ini telah terjadi maka rasa cemburu yang muncul malah akan menimbulkan hal-hal yang lebih besar lagi.

2. Berkomunikasi yang baik dengan pasangan.

Seringkali kaum pria atau wanita berpikir pasangannya melakukan hal-hal yang aneh saat tak berada di sisi mereka. Padahal bisa jadi pikiran tersebut tak beralasan dan hanya sebuah dugaan belaka. Kendati pasangan telah menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, namun saat Anda tetap tak memercayainya, maka hal tersebut dapat membuat pasangan melakukan hal yang dituduhkan padanya. Karena itu, sebaiknya Anda mendengarkan penjelasan pasangan baru memutuskan apakah mereka seperti yang selama ini diduga atau tidak.

3. Ungkapkan apa yang ada dihati kita.

Untuk menghindari terjadinya konflik, Anda cukup mengutarakan baik-baik apa yang sedang dirasakan. Semisal saat Anda merasa tidak nyaman saat dia sedang berdekatan dengan lawan jenis. Dengan begitu si dia akan mengetahui apa yang selama ini mengganggu pikiran anda.

Cemburu yang berlebihan akan menjadi infeksi dalam hubungan anda. Ibaratnya penyakit yang menularkan infeksi, cemburu yang berlebihan pun bisa menyebabkan infeksi dalam sebuah hubungan. Infeksi tersebut dapat terjadi manakala Anda selalu curiga pada pasangan dengan menghubungi si dia setiap saat, memeriksa telepon genggamnya, selalu membongkar tasnya, dan mencari-cari kesalahan pasangan. Padahal kondisi tersebut tidak perlu terjadi karena semua hal dapat dibicarakan baik-baik tanpa menimbulkan masalah baru. Tanpa dipaksa, justru pasangan Anda akan menunjukkan telepon genggamnya. Mungkin saja ada alasan khusus yang membuat dia tak menunjukkan selulernya selama ini, semisal karena ada rahasia perusahaan atau pribadi yang tidak ingin diketahui orang banyak.

Cemburu memang harus ada, tapi jangan sampai cemburu buta,karena cemburu buta karena justru akan membuat ketidak harmonisan dengan pasangan anda bahkan bisa merusak hubungan anda.

About banjow

Seorang kuli Pemerintah yang tidak ingin seperti kuli pada umumnya, ingin lebih bisa berguna untuk diri sendiri dan keluarga serta untuk Indonesiaku tercinta pada umumnya. Tidak setuju dengan pakem-pakem dan budaya jelek yang ada dan ingin sebisa mungkin merubahnya serta nuansa baru dan image yang baik, ingin ikhlas bekerja dan semoga selalu dinilai sebagai sebuah ibadah....
This entry was posted in Our Life. Bookmark the permalink.

One Response to Ketika cemburu mengalahkan cinta

  1. betul, cemburu adalah bumbunya perkawinan, tetapi jika cemburu berlebihan akan membawa dampak negatif bahkan bisa saja menghancurkan rumah tangga,,,,
    salam kenal dari Srikandi Hati,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s