Lagi pengen belajar Gambas

Melihat trend technologi masa depan, sudah selayaknya kita yang hari-hari kita bergelut dalam dunia hardaware maupun networking membuka diri untuk urusan development software. Karena dalam dunia tersebut tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya software. Tools selalu digunakan dalam penanganan software maupun networking. Betapa susahnya kalo tools yang kita harapkan tidak sesuai yang kita ingginkan dalam mengatasi masalah yang kita hadapi. Untuk mengatasi masalah tersebut yang paling effektif adalah membuat tools sendiri. Nah dalam pembuatan yang namanya tools itu kan harus ada pengetahuan tentang programing, untuk itulah kita harus belajar software atau pemprograman.

Selain alasan diatas untuk menambah pendapatan atau duit kita juga bisa menjadi software creator atau penjual software bikininan kita sendiri. Sudaah trend sekarang semua aspek bisnis mulai memanfaatkan komputer untuk mempermudah kerja mereka, dan secara otomatis software juga diperlukan didalamnya. Untuk menjadi software development kita harus tahu juga basic dari software yang akan kita create. Jika kita akan menggunakan software brebasis “propietary” maka kita harus berpikir berkali-kali. Yang jelas pertama kita harus melisensikan dahulu Operanting sisten kita dahulu, setelah itu kita juga harus beli yang asli software development kits kita. Kalo udah seperti itu kita udah bisa tenang diri dengan kantong yang kempes. Setelah kita udah menikmati keaslian dari software yang kita beli tinggal kita menunggu update dari software yang kita beli atau menunggu patch apabila ada bug didalamnya. Dan pilihan kedua anda menggunakan Open Source Development Kits. Semua masalah diatas dapat kita atasi. Kita tinggal memikirkan logika dari pemprogramannya aja. Dan kita bisa berkreasi sesuai dengan kehendak hati kita. Untuk tools ini saya sarankan gunakan Gambas. Kenapa kok gambas, semua orang pasti tau komputer itu ya dari windows. Jika kita telah mulai belajar pemprograman di windows, pasti yang ada pikiran kita mesti visual basic. Gambas adalah tools yang cocok untuk peralihan pemprograman di Linux. Gambas menggunakan bahasa visual basic yang kia pake di windows, meski demikian gambas bukanlah hasil clone dari vb. Gambas adalah project murni open source. Untuk lebih jelasnya silahkan kita mulai aja belajar gambasnya.

Majulah dunia IT Indonesia.

About banjow

Seorang kuli Pemerintah yang tidak ingin seperti kuli pada umumnya, ingin lebih bisa berguna untuk diri sendiri dan keluarga serta untuk Indonesiaku tercinta pada umumnya. Tidak setuju dengan pakem-pakem dan budaya jelek yang ada dan ingin sebisa mungkin merubahnya serta nuansa baru dan image yang baik, ingin ikhlas bekerja dan semoga selalu dinilai sebagai sebuah ibadah....
This entry was posted in Our Life. Bookmark the permalink.

4 Responses to Lagi pengen belajar Gambas

  1. dody says:

    kalo gambas itu teramasuk free open source atau bukan kalo mau belajarnya dimana? apa scrip nya mirp yang dipakai VB dan cara menggunakannya apa sama saja dengan VB

  2. banjow says:

    Gambas adalah murni OSS (Open Source Software). Kalo mau belajar situs referensinya http://www.gambasforge.net tapi bahasa Inggris,kalo mau bahasa Indonesia silahkan aja cari buku-buku keluaran orang Indonesia,udah banyak kok. Gambas bahasa programnya sama dengan VB, meski begitu gambas gak ada sangkut pautnya dengan VBnya om Bill Gates. Kalo anda sudah pernah belajar Vb dan mau beralih ke Gambas tidak tertalu banyak kesulitan untuk beradaptasinya. Selamat belajar Gambas dan selamat menikmati Open Source.

    Use Linux for our Computer

  3. anwar says:

    Assalamu’alaikum wr wb
    Salam opensource
    Hidup Gambas
    Hai teman rumah sakit kami (RSU PKU Muhammadiyah Bantul) sudah menggunakan Gambas2 + Mysql 5 alhamdulillah running well. Hampir 1 th, apalagi sekarang sudah ada fatwa dai MUI membajak itu dosa mass…!
    Jika berminat bisa sharing kirim ke email saya s1swanto_it.plox@yahoo.co.id, Semoga bermanfaat

    Wassalamu’alaikum wr wrb

  4. nindiya says:

    mo tanya,,
    klo gambas bisa enterprise ga??
    maksudnya support konfig jaringan ga???
    thanks,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s